Cara mendaftarkan blog/website ke google analytics

Sebelum kita memulai mendaftarkan blog/website ke google analytics, ada baiknya teman-teman tahu apa sih google analytics itu?

Google Analytics merupakan solusi analisis web yang memberikan wawasan kaya tentang kunjungan situs web dan efektivitas pemasaran. Kini, fitur yang canggih dan mudah digunakan membuat Anda dapat melihat serta menganalisis data kunjungan ke website/blog anda dengan cara baru. Dan juga dengan Google Analytics, Anda dapat membuat iklan yang lebih bertarget, memperkuat program pemasaran, dan membuat situs web dengan konversi yang lebih tinggi. 

Baiklah. kita mulai saja melakukan pendaftarannya..

1. Anda harus log in dlu ke google webmaster tools disini, setelah anda login. Pilih Manage Site, kemudian klik Google Analytics Property.



 2. Lalu anda akan dibawa ke laman baru dimana anda disuruh untuk membuat google analytics account. Nah kemudian klik create google analytics account.


 lalu klik yes.


3. Nah pada tahap ini, anda akan diminta untuk Sign Up, Klik sign up, kemudian isi data2 lengkap mengenai blog/website anda


kemudian klik "create account"


4. Setelah account google analitik anda berhasil dibuat, maka diharuskan untuk mengcopi tracking code/script pada bagian bawah laman tersebut ke blog anda seperti gambar dibawah ini:


5. Setelah anda copi tracking code tersebut, anda harus melakukan step trakhir yaitu login ke bloggger anda. lalu klik menu design/perancang pada dasboard. Dan kemudian klik menu Edit HTML.


6. centang kotak "expand widget templete", lalu tekan CTRL+F, dan masukan </head>.  Setelah ketemu, pastekan 'tracking kode" yang telah anda copy tadi tepat kebagian atas </head>




Dan Save Templete blog anda..:)

Tadaaa. Selamat Blog/Website anda telah terdaftar sebagai google analytics properties..!

Gimana?? mudah bukan?? selamat  mencoba ya teman-teman. Semoga tips yang saya berikan bisa bermanfaat untuk anda semua. Have a nice blogging.:)

0 komentar:

Post a Comment